RSS
FB

Tips Membedakan Shockbreaker Asli dan Palsu



Tips Membedakan Shockbreaker Asli dan Palsu - Nampaknya makin tinggi jumlah pengguna motor di Indonesia juga dimanfaatkan oleh para oknum yang tidak bertanggung jawab, seperti banyak terdapatnya spare parts motor yang aspal (asli tapi palsu) atau daur ulang yang dijual di banyak toko-toko aftermarket. Salah satu spare parts aspal yang banyak dijual adalah shockbreaker. Tips Membedakan Shockbreaker Asli dan Palsu dengan beberapa cara sederhana berikut.

Tips Membedakan Shockbreaker Asli dan Palsu

  1. Yang paling mudah adalah perhatikan batang besi shockbreaker yang berada di tengah, apakah terdapat goresan atau tidak. Ketika sedang bekerja, batang shockbreaker tersebut naik turun sehingga bila terdapat goresan halus berarti barang tersebut pernah digunakan alias barang bekas.
  2. Karena dicat ulang biasanya sokbreker aspal memiliki bau cat yang cukup tajam, dan biasanya lapisan cat pada shockbreaker aspal sangat mudah terkelupas. Walaupun terkadang bisa diakali dengan vernis.
  3. Cek lubang baut yang berada di bagian bawah shockbreaker, bila cat dan bagian sisi pada lubang baut tersebut cacat atau rusak berarti barang tersebut juga barang bekas. Namun biasanya para pedagang nakal menutup kerusakan tersebut menggunakan dempul.
  4. shockbreaker aspal atau bekas biasanya harus dibubut ulang terkebih dahulu, sehingga pada shockbreaker aspal bentuk drat pada ulir akan terlihat tidak sempurna. Bagian itulah yang harus kamu perhatikan.
  5. Lakukan tes cara kerja shockbreaker dengan cara pegang bagian atas dan bawah dalam posisi tegak lurus, kemudian tarik dan tekan kuat-kuat batang shockbreaker lalu pastikan jalannya batang tak tersendat. shockbreaker yang benar-benar baru biasanya tidak akan tersendat, terkecuali bila pada bagian dalam shockbreaker ada bagian yg rusak.
  6. Untuk lebih aman baiknya membeli shockbreaker atau spare parts lainnya di bengkel-bengkel resmi Honda, yamah, suzuki atau di tempat resmi. Karena selain terjamin keaslian dan kualitasnya, Parts juga aman, awet digunakan sehingga menghemat biaya perawatan, dan ramah lingkungan.